PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 50 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 50 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 50 Lubuklinggau setelah diterapkanya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw signifikan tuntas. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah Pre-Experimental Design dengan kategori One-Group Pretest dan Posttest. Sampel dalam penulisan ini yaitu seluruh kelas Vb SD Negeri 50 Lubuklinggau. Pengambilan sampel meenggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan Uji-t. Hasil penulisan menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest adalah 54.63 setelah di berikan perlakuan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw menunjukkan hasil posttest adalah 83.10. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai t_hitung ≥ t_tabel pada taraf signifikansi (α = 0,05). sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas Vb SD Negeri 50 Lubuklinggau setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw secara signifikan tuntas.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Jigsaw, Pembelajaran IPS


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANITA FATMAWATI - Personal Name
Student ID
5021160
Dosen Pembimbing
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Akmal Rijal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
ANITA FATMAWATI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail