SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 SURULANGUN
XML JSON
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Surulangun setelah diterapkan model pembelajaran Take and Give. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pre-eksperimental dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Sampel diambil dari populasi yang hanya terdiri dari satu kelas, yaitu kelas IV, dengan jumlah 21 siswa, menjadikannya sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa 9 soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketuntasan yang signifikan dalam hasil belajar IPS siswa setelah penerapan model pembelajaran Take and Give. Rata-rata nilai pre-test sebesar 53,67 meningkat menjadi 74,33 pada post-test. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Take and Give memiliki dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Take and Give efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Surulangun. Ketuntasan yang signifikan dalam hasil belajar ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Take and Give dapat digunakan sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian akademik siswa.
Kata Kunci: Take and Give, hasil belajar, dan IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NUR AZELINA ADILA - Personal Name
|
Student ID |
5020262
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
NUR AZELINA ADILA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |