PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 40 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 40 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan model problem solving pada siswa kelas IV SD Negeri 40 Lubuklinggau. Metode penelitian ini yakni eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest and Posttest Group. Populasinya seluruh siswa kelas yang terdiri dari satu kelas dengan sampel sebanyak 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa setelah diterapkan model problem solving pada kelas IV SD Negeri 40 Lubuklinggau secara signifikan tuntas. Telah dibuktikan melalui uji t diperoleh thitung 3,21 dan ttabel 1,71, maka Ho ditolak Ha diterima. Dari uraian di atas maka dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dapat mengatasi kejenuhan dan mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dapat didukung dengan cara guru membuat siswa untuk lebih aktif agar situasi kelas atau kondisi kelas menjadi hidup sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa lebih dari KKM dapat dikatakan tuntas.

Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Problem Solving


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CHICHA APRIYANTI - Personal Name
Student ID
5019101
Dosen Pembimbing
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Dosen Pembimbing 1
Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
CHICHA APRIYANTI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail