SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 40 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan model problem solving pada siswa kelas IV SD Negeri 40 Lubuklinggau. Metode penelitian ini yakni eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest and Posttest Group. Populasinya seluruh siswa kelas yang terdiri dari satu kelas dengan sampel sebanyak 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa setelah diterapkan model problem solving pada kelas IV SD Negeri 40 Lubuklinggau secara signifikan tuntas. Telah dibuktikan melalui uji t diperoleh thitung 3,21 dan ttabel 1,71, maka Ho ditolak Ha diterima. Dari uraian di atas maka dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dapat mengatasi kejenuhan dan mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dapat didukung dengan cara guru membuat siswa untuk lebih aktif agar situasi kelas atau kondisi kelas menjadi hidup sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa lebih dari KKM dapat dikatakan tuntas.
Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Problem Solving
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
CHICHA APRIYANTI - Personal Name
|
Student ID |
5019101
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Ketua Penguji
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
CHICHA APRIYANTI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |