PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR-CHECKS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 39 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR-CHECKS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 39 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 39 Lubuklinggau setelah menggunakan model pembelajaran Pair-Checks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh yaitu berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data terdiri dari teknik persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata Pre-test 56,9 dengan persentase ketuntasan 4,17% sedangkan rata-rata Post-test adalah 78,5 berada pada kategori baik dengan persentase ketuntasan 91,67% . Diperoleh nilai thitung > ttabel (7,33 > 1,71). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SD Negeri 39 Lubuklinggau setelah diterapkan Model Pembelajaran Pair-Checks signifikan tuntas.

Kata Kunci : Model, Pair-Checks, Hasil Belajar, IPA


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ADE AYU FEBRIANI - Personal Name
Student ID
5018100
Dosen Pembimbing
Dr. Donni Pesatalozi, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
Ade Ayu Febriani - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail