SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR-CHECKS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 39 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 39 Lubuklinggau setelah menggunakan model pembelajaran Pair-Checks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh yaitu berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data terdiri dari teknik persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata Pre-test 56,9 dengan persentase ketuntasan 4,17% sedangkan rata-rata Post-test adalah 78,5 berada pada kategori baik dengan persentase ketuntasan 91,67% . Diperoleh nilai thitung > ttabel (7,33 > 1,71). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SD Negeri 39 Lubuklinggau setelah diterapkan Model Pembelajaran Pair-Checks signifikan tuntas.
Kata Kunci : Model, Pair-Checks, Hasil Belajar, IPA
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ADE AYU FEBRIANI - Personal Name
|
Student ID |
5018100
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Donni Pesatalozi, M.Pd - - Ketua Penguji
Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Penguji 1 Eka Lokaria. M.Pd.Si. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
Ade Ayu Febriani - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |