SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 BANPRES
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Banpres setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-z satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 43,37 dengan persentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 77,00 dengan persentase ketuntasan 81,48% atau 22 siswa yang tuntas. Hasil analisis uji-z diperoleh nilai zhitung (6,81) ≥ ztabel (1,64). Kesimpulan, bahwa penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) pada hasil belajar IPA siswa kelas V signifikan tuntas.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Penerapan, TAI
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DICKY CHANDRA SETYA WIBAWA - Personal Name
|
Student ID |
5019038
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Ketua Penguji
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
DICKY CHANDRA SETYA WIBAWA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |