PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 BANPRES

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 BANPRES

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Banpres setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-z satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 43,37 dengan persentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 77,00 dengan persentase ketuntasan 81,48% atau 22 siswa yang tuntas. Hasil analisis uji-z diperoleh nilai zhitung (6,81) ≥ ztabel (1,64). Kesimpulan, bahwa penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) pada hasil belajar IPA siswa kelas V signifikan tuntas.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Penerapan, TAI


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
5019038
Dosen Pembimbing
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail