SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS QR CODE PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS III SDN 1 MARGA SAKTI
XML JSONPenelitian ini bertujuan menghasilkan desain media pembelajaran komik berbasis Qr Code. Menguji kevalidan dan kepraktisan media komik berbasis Qr Code dalam pelajaran PPKn Kelas III SD N 1 Marga Sakti. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D (Four-D). Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli bahasa, ahli materi, guru, siswa kelas III SD N 1 Marga Sakti. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penilaian validitas yang dilakukan oleh ketiga ahli yaitu: ahli media yang mendapatkan nilai 0,76 dengan klasifikasi “Cukup Tinggi, ahli bahasa yang mendapatkan nilai 0,85 dengan klasifikasi “Tinggi”, dan ahli materi yang mendapatkan nilai 0,84 dengan klasifikasi “Tinggi”. Hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran komik berbasis Qr Code memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,81. Sedangkan hasil analisis lembar penilaian kepraktisan guru dan siswa diperoleh hasil bahwa Media pembelajaran komik berbasis Qr Code memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata skor 91%. Berdasarkan hasil dari uji coba kevalidan dan kepraktisan tersebut, dapat disimpulkan media komik berbasis Qr Code memenuhi kriteria kevalidan dan praktis dan bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: PPKn, Qr Code, Media pembelajaran, Pengembangan, Komik
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FAIZAL TRI HARYANTO - Personal Name
|
Student ID |
5019106
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Ketua Penguji
Tri Ariani, M.Pd. - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
FAIZAL TRI HARYANTO - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |