SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 52 LUBUKLINGGAU
XML JSONTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 52 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu, dan desain penelitiannya one group pretest-post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: uji normalitas data dan uji-z. Berdasarkan analisis data, diketahui hasil tes awal (pretest) dengan nilai rata-rata 41,76 dan nilai rata-rata tes akhir (post-test) sebesar 86,24. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir (post-test) lebih besar dari pada tes awal (pretest) dengan selisih nilai 44,48. Setelah dihitung dengan menggunakan uji-z diperoleh nilai Z_hitung = 11,047 yang dibandingkan dengan nilai Z_tabel 1,64 dengan taraf signifikan yaitu ɑ = 0,05. Jadi nilai Z_hitung > Z_tabel atau 11,047 > 1,64. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 52 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 86,24.
Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, dan IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
TIARA PUSPITA - Personal Name
|
Student ID |
5019047
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Ani Fiani, S.S., M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
TIARA PUSPITA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |