PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MINIATUR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 37 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MINIATUR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 37 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah produk berupa media miniatur berbasis kontekstual pada pembelajaran IPS materi lingkungan sahabat kita yang valid dan praktis untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Siswa kelas V SDN 37 Lubuklinggau sebanyak 6 siswa uji coba Small Group (kelompok kecil). Jenis penelitian ini peneliti menggunakan pengembangan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan angket validasi ahli bahasa, ahli materi, ahli media dan angket kepraktisan guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis oleh ketiga ahli yaitu skor yang diperoleh ahli bahasa 0,72 ahli media 0,66 dan ahli materi 0,79 rata-rata keseluruhannya 0,72 dengan kategori valid. Sedangkan hasil analisis lembar kepraktisan guru dan siswa memperoleh 0,84% dengan kategori sangat praktis. Sehingga media miniatur berbasis kontekstual memenuhi kriteria valid dan praktis serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pengembangan 4D, Media Miniatur, Pembelajaran IPS.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
WINDA SINTIA PUTRI - Personal Name
Student ID
5019179
Dosen Pembimbing
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
WINDA SINTIA PUTRI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail