SKRIPSI S1 SEJARAH
PENGARUH MODEL DIRECT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARA LAKITAN
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Pengaruh Model Direct Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Muara Lakitan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan jenis penelitian ekperimen murni. Desain penelitian ini berbentuk pre-test – post-test kontrol group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Jenis instrumen penelitian yang akan digunakan adalah yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 35. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 52. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah kelas VIIIa sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 dan kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27. Kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Direct learning pada materi pembelajaran Munculnya Organisasi-Organisasi Pergerakan Nasional di Indonesia, nilai post test rata-rata siswa kelas kontrol 73,8 dan kelas eksperimen 83,2 . Dari hasil analisis data tes akhir diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu thitung =4,565 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikan ɑ= 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut jadi dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Direct Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Muara Lakitan.
Kata kunci : Model Direct Learning dan hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
TIARA ANGGRA YENI - Personal Name
|
Student ID |
3019014
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
TIARA ANGGRA YENI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
959.8
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |