PENERAPAN MODEL INKUIRI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 25 REJANG LEBONG

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 SEJARAH

PENERAPAN MODEL INKUIRI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 25 REJANG LEBONG

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Rejang Lebong tahun ajaran 2022/2023 setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri sosial . Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasinya seluruh kelas VIII SMP Negeri 25 Rejang Lebong dan sebagai sampelnya kelas VIII . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 23 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Rejang Lebong setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri sosial secara signifikan tuntas. Hal ini sesuai dengan hasil uji-z nilai post-test pada taraf signifikan α=0,05, diperoleh z_hitung (8,536 )>z_tabel (1,699 ), rata-rata hasil belajar sejarah siswa setelah penerapan model pembelajaran Inkuiri sosial sebesar 79,00 dan persentase jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar mencapai 96,6 %.

Kata kunci: Model Inkuiri sosial , Hasil Belajar dan IPS


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DEWI MELYANI - Personal Name
Student ID
3019001
Dosen Pembimbing
Agus Susilo, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Yeni Asmara, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Agus Susilo, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1
Sarkowi, M.Hum - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
DEWI MELYANI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
959.8
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail