SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 206 SIMPANG NIBUNG
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 206 Simpang Nibung yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yaitu R&D (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Hasil penelitian berdasarkan analisis dari penilaian ahli bahasa menunjukkan 0,80 dan hasil validasi ahli media 0,78 serta hasil validasi materi 0,85. Secara keseluruhan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket dari tim ahli, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase 0,81. Sedangkan hasil uji kepraktisan guru tergolong sangat praktis dan hasil uji coba one to one tergolong sangat praktis serta hasil uji coba small group tergolong sangat praktis. Hasil secara keseluruhan uji kepraktisan dalam kategori sangat praktis dengan persentase 87,6% sehingga dapat disimpulkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual pada mata pelajaran Matematika valid dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Kontekstual, Matematika
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
WULANDARI - Personal Name
|
Student ID |
5019216
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
WULANDARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |