PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 43 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 43 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi seluruh kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau dan sebagai sampel kelas V.B sebagai kelas eksperimen yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 26 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α =0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau. Rata-rata nilai tes akhir hasil belajar IPS siswa di kelas eksperimen sebesar 85,54 dan rata-rata nilai hasil belajar IPS siswa di kelas kontrol sebesar 70,71. Berdasarkan hasil hipotesis thitung 5,36 dan ttabel 1,67, jika nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau.

Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, dan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DEWI SUSANTI SAPUTRI - Personal Name
Student ID
5019067
Dosen Pembimbing
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
DEWI SUSANTI SAPUTRI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail