SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS BARCODE MENGGUNAKAN MODEL NHT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWAKELAS V SD NEGERI 38 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku saku berbasis barcodemenggunakan model NHT pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 38 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan pendeseminasian (desseminate). Berdasarkan hasil analisis penelitian oleh ke-3 ahli, yaitu; ahli bahasa ibu (Dr. Y Satinem, M.Pd.),ahli media bapak (Dr. Dodik Mulyono, M.Pd.) dan ahli materi ibu ( Selly Kusnita, S.Pd) menunjukan bahwa buku saku berbasis barcode memenuhi kategori valid “cukup tinggi” dengan rata-rata skor 0,79. Sedangkan hasil analisis lembar penilaian siswa dan guru yang terdiri dari 7 orang diperoleh bahwa buku saku berbasis barcode memenuhi kategori sangat praktis dengan rata-rata skor sebesar 88,5%. Analisis keefektifan dilihat hasil dari pre-test dan post-test menunjukan peningkatan yaitu dengan nilai rata-rataN-Gain sebesar 0,72 masuk kedalam ketegori tinggi. Dapat disimpulkan buku saku berbasis barcodemenggunakan model NHT pada pembelajaran tematik memenuhi kategori valid,praktis,efektif. Sehingga dapat digunakan pada saat proses pembelajaran.
Kata Kunci : Barcode, Buku Saku, Pengembangan, Sekolah Dasar, Tematik
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
UMI MARCELY - Personal Name
|
Student ID |
5019031
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andri Valen, M. Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
UMI MARCELY - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |