SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 46 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 46 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Index Card Match secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Pos-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam peneltian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji “Z’. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemudian Z_hitung dikonsultasikan dengan Z_tabel pada daftar distribusi “Z” dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh 〖 Z〗_hitung = 11,83 dan nilai Z_tabel = 1,64, maka Z_hitung = 9,94 > Z_tabel = 1,64 dengan hal ini maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat menuntaskan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 46 Lubuklinggau.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FENTI KATAMARA - Personal Name
|
Student ID |
5017184
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
FENTI KATAMARA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |