PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 36 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 36 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media Boneka Tangan. Menguji kevalidan dan praktis media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di Sekolah Dasar Negeri 36 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4-D subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II SD Negeri 36 lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Berdasarkan hasil validasi bahasa memperoleh nilai 0,87 dengan kualifikasi kategori Tinggi, validasi media memperoleh nilai 0,82 dengan kualifikasi kategori Tinggi, validasi materi memperoleh nilai 0,90 dengan kualifikasi kategori Tinggi. Sedangkan hasil yang didapatkan dari uji kepraktisan guru sebesar 93,33% dan uji peserta didik sebesar 88,88% dengan kategori Sangat Praktis, sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia sudah memenuhi kriteria Valid dan Praktis dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas II di SD Negeri 36 Lubuklinggau.

Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran, Pengembangan, Boneka Tangan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LIDYA MONICA - Personal Name
Student ID
5019010
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Abu Bakar, S.H, M.Hum - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
LIDYA MONICA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail