SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA TARI TRADISIONAL MATERI SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) PADA KELAS V SEKOLAH DASAR
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Ensiklopedia Tari Tradisional Materi Seni Budaya dan Prakarya pada kelas V Sekolah Dasar sesuai dengan kurikulum 2013 untuk menghasilkan Media yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam belajar. Model penelitian yang digunakan yaitu research and development (RnD) dengan model pengembangan four-D. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dan inen yang digunakan ialah pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obsrevasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa 0,92, ahli media 0,87 dan ahli materi 0,87 menunjukkan bahwa Ensiklopedia Tari Tradisional Materi Seni Budaya memenuhi kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penelitian lembar kepraktisan guru diperoleh rata-rata 87,5% dan siswa yang terdiri dari 6 orang diperoleh rata-rata 95% bahwa Ensiklopedia Tari Tradisional memenuhi kriteria sangat praktis. Dan hasil penelitian efektifitas siswa kelas V diperoleh hasil N-gain (g) sebesar 0,85, Ensiklopedia Tari Tradisional memenuhi klasifikasi tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ensiklopedia Tari Tradisional Materi Seni Budaya dan Prakarya memenuhi kriteria valid, parktis dan efektif dan bisa digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Ensiklopedia, SBdP, Sekolah Dasar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DWI RIZKI SAFITRI - Personal Name
|
Student ID |
5018162
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Ariani, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
DWI RIZKI SAFITRI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |