SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 45 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran diorama pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 45 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 3 orang ahli validasi, 1 orang guru kelas IV B SD Negeri 45 Lubuklinggau dan 23 orang siswa kelas IV B SD Negeri 45 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: 0,68 ahli bahasa, 0,96 ahli materi, dan 0,82 ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran diorama memenuhi kriteria valid. Sedangkan dari hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media pembelajaran diorama memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 89,86%. Pada uji kelompok besar diperoleh N-gain(g) sebesar 0,74 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya media pembelajaran diorama memiliki efektivitas yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama terbukti valid, praktis dan efektif pada pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengembangan Media Diorama, IPA, SD.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NI WAYAN DEFTA UTAMI - Personal Name
|
Student ID |
5019134
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
NI WAYAN DEFTA UTAMI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |