SKRIPSI S1 BAHASA INDONESIA
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI TKB. MANDI ANGIN
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi keefektifan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi surat dinas siswa kelas VII SMP TKB. Mandi Angin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Dengan desain yang digunakan One Group Pretest-Postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk esai. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: menghitung rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching secara signifikan efektif terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri TKB. Mandi Angin. Hal ini terbukti dari tes akhir dengan menggunakan uji-t, hasilnya menunjukkan bahwa thitung (7,22) > ttabel (2,09) untuk taraf signifikan 5%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Mengidentifikasi, Informasi, Surat Dinas.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ENGGI WAHYUNI FITRI - Personal Name
|
Student ID |
2019029
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dra. Nur Nisai Muslihah, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Agung Nugroho, M.Pd - - Penguji 1 Inda Puspita Sari, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
8821
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ENGGI WAHYUNI FITRI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
410
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |