EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI TKB. MANDI ANGIN

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 BAHASA INDONESIA

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI TKB. MANDI ANGIN

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi keefektifan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi surat dinas siswa kelas VII SMP TKB. Mandi Angin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Dengan desain yang digunakan One Group Pretest-Postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk esai. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: menghitung rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching secara signifikan efektif terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri TKB. Mandi Angin. Hal ini terbukti dari tes akhir dengan menggunakan uji-t, hasilnya menunjukkan bahwa thitung (7,22) > ttabel (2,09) untuk taraf signifikan 5%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Mengidentifikasi, Informasi, Surat Dinas.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ENGGI WAHYUNI FITRI - Personal Name
Student ID
2019029
Dosen Pembimbing
Dra. Nur Nisai Muslihah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Juwati, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
8821
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
ENGGI WAHYUNI FITRI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
410
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail