SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD AL-ILMU LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas V Negeri Al Ilmu Lubuklinggau setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-z satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 46,15 dengan persentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 84,15 dengan persentase ketuntasan 88,40% atau 23 siswa yang tuntas. Hasil analisis uji-z diperoleh nilai zhitung (6,64) ≥ ztabel (1,64). Kesimpulan, bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw pada hasil belajar IPS siswa kelas V signifikan tuntas.
Kata Kunci : Penerapan, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
METI NUR FAJRI SARI - Personal Name
|
Student ID |
5019043
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
METI NUR FAJRI SARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |