PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD AL-ILMU LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD AL-ILMU LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas V Negeri Al Ilmu Lubuklinggau setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-z satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 46,15 dengan persentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 84,15 dengan persentase ketuntasan 88,40% atau 23 siswa yang tuntas. Hasil analisis uji-z diperoleh nilai zhitung (6,64) ≥ ztabel (1,64). Kesimpulan, bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw pada hasil belajar IPS siswa kelas V signifikan tuntas.

Kata Kunci : Penerapan, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPS


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
METI NUR FAJRI SARI - Personal Name
Student ID
5019043
Dosen Pembimbing
Aren Frima, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
Candres Abadi, M.Pd.Kons. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aren Frima, M. Pd - - Ketua Penguji
Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 1
Tri Ariani, M.Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
METI NUR FAJRI SARI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail