SKRIPSI S1 PGSD
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 LUBUKLINGGAU
XML JSONTujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran scrambel terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau. Desain penelitian berbentuk eksperiment semu kategori pre-test and post-test group. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Lubuklinggau dengan populasinya yaitu siswa kelas VII. Sampel diambil satu kelas secara acak, satu kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII.5 dan diberi perlakuan model pembelajaran Scrambel.. Telnol pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 24soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan nilai rata-rata, nilai rata-rata pada pre-test sebesar 60,22 menjadi 82,78 pada pos-test dimana ada peningkatan sebesar 22,56. Sedangkan berdasarkan analisis pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung = 5,092. Selanjutnya thitung dibandingkan dengan nilai tabel pada daftar distribusi t dengan ttabel = dk = n-1 = 32-1 = 31, α = 0,05 = 2.042. Dengan demikian thitung (5,092) > ttabel (2,042), hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran scrambel efektif pada hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau
Kata Kunci : Scramble, efektif, hasil belajar IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DWI SHINTA MILENIA SARI - Personal Name
|
Student ID |
3019026
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Agus Susilo, M.Pd. - - Ketua Penguji
Isbandiyah, M.Pd. - - Penguji 1 Ira Miyarni Sustianingsih, M.Hum - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
DWI SHINTA MILENIA SARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |