PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI BATU GANE

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI BATU GANE

XML JSON

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui tuntasnya hasil belajar IPS siswakelas V SD NegeriBatuGane. Metode penulisan yang digunakan berbentuk Pre-eksperimen semu dengan desain eksperimen yang digunakan berbentuk desain one-group pre-test dan post-test. Dalam penulisan ini menggunakan satu kelas sampel yaitu kelas V dengan jumlah siswa 24 orang. Hal ini berarti semua anggota populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrument yang digunakan penulis berbentuk soal essay yang berjumlah 8soal. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-z. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan taraf kepercayaan α = 5% menunjukkan besar Z_hitung = 16,55dan Z_tabel = 1,64. Karena Z_hitung>Z_tabel (16,55>1,64), yang menunjukkan bahwa H_Oditolak dan H_a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Batu Gane setelah mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model Inkuiri Terbimbing secara signifikan tuntas.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, IPS


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MIASNARO ULVA - Personal Name
Student ID
5018159
Dosen Pembimbing
Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Aswarliansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
MIASNARO ULVA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail