SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI BATU GANE
XML JSONPenulisan ini bertujuan untuk mengetahui tuntasnya hasil belajar IPS siswakelas V SD NegeriBatuGane. Metode penulisan yang digunakan berbentuk Pre-eksperimen semu dengan desain eksperimen yang digunakan berbentuk desain one-group pre-test dan post-test. Dalam penulisan ini menggunakan satu kelas sampel yaitu kelas V dengan jumlah siswa 24 orang. Hal ini berarti semua anggota populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrument yang digunakan penulis berbentuk soal essay yang berjumlah 8soal. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-z. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan taraf kepercayaan α = 5% menunjukkan besar Z_hitung = 16,55dan Z_tabel = 1,64. Karena Z_hitung>Z_tabel (16,55>1,64), yang menunjukkan bahwa H_Oditolak dan H_a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Batu Gane setelah mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model Inkuiri Terbimbing secara signifikan tuntas.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MIASNARO ULVA - Personal Name
|
Student ID |
5018159
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Ketua Penguji
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
MIASNARO ULVA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |