SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 4 SRIKATON
XML JSONTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS Kelas V SD 4 Negeri Srikaton dengan diterapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Puzzlesignifikan tuntas atau tidak. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu, desain penelitiannya Pre-test dan post-test Group design.Teknik Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes. Teknik analisis datanya dengan langkah-langkah: Uji Normalitas dan Uji-z. Berdasarkan analisis data maka diketahui hasil tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata 47,73 dan hasil tes akhir (post-test) memiliki rata-rata 70,53. Hal ini menunjukan bahwa nilai rata-rata tes akhir (post-test) lebih besar dari pada tes awal (pre-test). Setelah dihitung menggunakan uji-z diperoleh nilai zhitung = 2,19 yang dibandingkan dengan ztabel = 1,64 dengan taraf signifikan yaitu α=0.05 jadi disimpulkan bahwa z0 ≥ zt atau 2,19 ≥ 1,64. Maka disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 4 Srikaton setelah diterapkan Model Problem Bassed Learning berbantuan media Puzzle secara signifikan tuntas, Tahun ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Puzzle, dan IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANDRE ARISANDRA - Personal Name
|
Student ID |
5019039
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Dr. Hamdan, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ANDRE ARISANDRA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |