SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 8 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Ular Tangga pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 8 Lubuklinggau untuk menghasilkan Media ular tangga yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah research and development (R & D) dengan model yang digunakan ini adalah ADDIE, objek penelitian ini ialah siswa kelas IV yang berjumlah 9 orang. Teknik penelitian data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas media ular tangga yang dilihat dari aspek kevalidan berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa media ular tangga memenuhi kriteria Valid dan skor rata-rata 0,87. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa pada media ular tangga memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor 83,33%, dan efektif dengan rata-rata 83,2 kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa media ular tangga pembelajaran IPS memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga bisa digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media ular tangga, Kontekstual, IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
BELLA CAHYATI PUTRI - Personal Name
|
Student ID |
5019098
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Ketua Penguji
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Penguji 1 Armi Yuneti, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
BELLA CAHYATI PUTRI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |