SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS RODA PINTAR (ROPI) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis roda pintar pada siswa kelas IV yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), dan implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan lembar angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Dari hasil penelitian diperoleh media pembelajaran matematika berbasis roda pintar yang valid dengan hasil ahli bahasa 0,86, materi 0,92, dan media 0,87 dengan kategori “Tinggi”. Hasil kepraktisan uji respon guru 86,67% , uji perorangan 88,96% dan uji kelompok kecil 81.48% dengan hasil rekapitulasi kepraktisan 84,08% dikategorikan “Sangat Praktis”. Hasil keefektifan yang diperoleh dari pretest dan posttest dengan rekapitulasi 0,72 dikategorikan “Tinggi”. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya berdasarkan hasi penilaian kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika berbasis roda pintar (ROPI) pada materi pechan kelas IV termasuk dalam kategori valid, praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Roda Pintar (ROPI), Sekolah Dasar, Matematika.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
CINDY JULYA FATHANAH - Personal Name
|
Student ID |
5019092
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Agung Nugroho, M.Pd - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
CINDY JULYA FATHANAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |