PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA KANTONG AJAIB PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 41 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA KANTONG AJAIB PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 41 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre Eksperimental Design. Populasi kelas IV SD Negeri 41 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2023 berjumlah 20 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 20 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik tes. Data yang dikumpulkan setelah dianalisis dengan menggunakan uji-z pada taraf signifikan α= 0,05 diperoleh z_hitung = 9,76 ≥ z_(tabel )= 1,64, sehingga bisa disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dikelas IV SD Negeri 41 Lubuklinggau setelah dterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,60.

Kata Kunci : Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pembelajaran IPS, sekolah dasar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RISNA ANGGRAINI - Personal Name
Student ID
5019133
Dosen Pembimbing
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
Aren Frima, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
RISNA ANGGRAINI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail