SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuklinggau tahun pelajaran 2022/2023 setelah penerapan model Talking Stick. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi seluruh kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau dan sebagai sampel kelas V.B sebagai kelas eksperimen yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 26 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α =0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau. Rata-rata nilai tes akhir hasil belajar IPS siswa di kelas eksperimen sebesar 85,54 dan rata-rata nilai hasil belajar IPS siswa di kelas kontrol sebesar 70,71. Berdasarkan hasil hipotesis thitung 5,36 dan ttabel 1,67, jika nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, dan Talking Stick.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MOHAMMAD AIDIL FITRI - Personal Name
|
Student ID |
3018009
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
MOHAMMAD AIDIL FITRI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |