Skripsi PJKR
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN LKPD PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN TELEKOM
XML JSONTujuan penelitian adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Telekom setelah diterapan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan LKPD. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu, desain penelitiannya Pretest-Posttest Group design. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan teknik tes. Teknik analisis data uji z. Berdasarkan analisis data, diketahui hasil tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata pre-test 5,56% dan nilai rata-rata tes akhir (post-test) sebesar 88,89%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai ratta-rata tes akhir (post-test) lebih besar daripada tes awal (pre-test) dengan selisih nilai sebesar 83,33%. Setelah dihitung menggunakan uji-z diperoleh nilai zhitung = 4,10 yang dibandingkan dengan nilai ztabel = 1,64 dengan taraf signifikan yaitu ɑ=0.05. Jadi nilai Z0 ≥ Zt atau 4,10 ≥ 1,64. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Telekom setelah penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan LKPD secara signifikan tuntas.
Kata Kunci : Model STAD, Hasil Belajar, dan IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ILHAM FITRIANSYAH - Personal Name
|
Student ID |
5019182
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Ketua Penguji
Yeni Asmara, M.Pd - - Penguji 1 Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
85201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ILHAM FITRIANSYAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
600
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |