SKRIPSI S1 SEJARAH
PENERAPAN METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 06 KOTA LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random sampling karena setiap kelas mempunyai kemampuan dan kesempatan yang relatif sama dan terpilih sebagai sampel adalah kelas VIII.1 sebagai kelas sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 22 soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau setelah diberikan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division .. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada pre-test sebesar 65,23 meningkat menjadi 82,30 pada pos-test. dibandingkan dengan nilai pretest ada peningkatan sebesar 17,07. Sedangkan pada perhitungan uj-t diperoleh bahwa thitung = 32,934 maka thiitung (32,934) > ttabel (2,064) sehingga terbukti bahwa Ha
diterima dan Ho di tolak.
Kata kunci : Penerapan, Hasil Belajar, Student Team
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DAVID SOHA - Personal Name
|
Student ID |
3017008
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Sarkowi, M.Hum - - Ketua Penguji
Ira Miyarni Sustianingsih, M.Hum - - Penguji 1 Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
DAVID SOHA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
959.8
|
Copyright | |
Doi |