SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS 4 SD NEGERI 48 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Canva. Menguji kevalidan, praktisan dan keefektifan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas 4 SD Negeri 48 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4-D subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 48 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Berdasarkan hasil validitas bahan ajar berbasis Canva penilaian ahli bahasa, media dan materi menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Canva memenuhi kriteria Valid dan skor rata-rata 0,91. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa bahan ajar berbasis Canva memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 4,95. Kemudian dari analisis efektif diperoleh bahwa bahan ajar berbasis Canva materi menulis puisi memenuhi kriteria efektif dengan skor rata-rata 0,99. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Canva terbukti Valid, Praktis dan Efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 48 Lubuklinggau.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Bahasa Indonesia, Canva, Menulis Puisi, Pengembangan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SHEVIANA SHELLY - Personal Name
|
Student ID |
5019060
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Agung Nugroho, M.Pd - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SHEVIANA SHELLY - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |