ANALISIS HAMBATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

ANALISIS HAMBATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013

XML JSON

Penelitian ini ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis hambatan guru dalam pembelajaran tematik baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian dilakukan di SDN Mardiharjo dengan subjek penelitian guru kelas V dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara triangulasi gabungan, dimana data diperoleh dengan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan melakukan tahap reduksi data melalui kegiatan memfokuskan pada hal-hal penting terkait penelitian, penyajian data dengan menguraikan data-data yang diperoleh secara deskriptif dan penarikan kesimpulan dengan merumuskan temuan baru yang dijabarkan secara deskriptif. Sedangkan Jadi uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji, credibility (validitas interval), transferability (validitas eksternal), dependabilitay (reliabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Dari hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan guru sudah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran meskipun komponen yang dijabarkan belum lengkap. Guru mengalami kebingungan dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran di SDN Mardiharjo, metode dan media yang digunakan masih terbatas dan belum bervariatif. Selain itu, keterbatasan kemampuan penggunaan IPTEK serta kesulitan pemaduan muatan antar pelajaran juga menjadi salah satu kendala guru dalam mengajar. Pada tahap penilaian, guru belum maksimal dalam penggunaan rubrik penilaian. Dari hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hambatan yang ditemui pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran tematik yaitu minimnya sosialisasi mengenai pembelajaran tematik, kemudahan dalam mendapatkan file RPP yang sudah jadi, minimnya penguasaan teknologi sehingga guru belum memanfaatkan media secara maksimal serta penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariatif.

Kata Kunci : hambatan, pembelajaran tematik, kurikulum 2013.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DESI LESTARI - Personal Name
Student ID
5017186
Dosen Pembimbing
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Aswarliansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail