PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI SUBAN JAYA

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI SUBAN JAYA

XML JSON

Penelitian ini bertujuan umtuk mengembangkan atau menciptakan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik berbasis kearifan lokal. Menguji kevalidan dan kepraktisan produk LKPD Tematik berbasis kearifan lokal kelas IV SD Negeri Suban Jaya. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengam model pengembangan 4- D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri Suban Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observas, angket, dan tes. Berdasarkan hasil penilaian validitas dari ahli bahsa, media, dan materi menunjukkan bahwa LKPD Tematik berbasis kearifan lokal memperoleh nilai 0,84. Dari analisis lembar kepraktisan siswa dan guru LKPD Tematik berbasis kearifan lokal memperoleh tingkat kepraktisan 90,8%. Produk yang dikembangkan memiliki efekpotensial sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD Tematik berbasis kearifan lokal terbukti valid dan praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengambangan, LKPD, Kearifan Lokal, Tematik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FAJAR ISNAINI - Personal Name
Student ID
5019022
Dosen Pembimbing
Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Dosen Pembimbing 1
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
FAJAR ISNAINI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail