SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SUKAMAJU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Bahan Ajar berbasis discovery learning yang memenuhi kriteria valid, praktis dan juga efektif. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator diperoleh hasil validasi Bahan Ajar Discovery Learning sebesar 0,86 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk uji coba kelompok kecil serta guru kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Sukamaju diketahui bahwa kepraktisan Bahan Ajar berbasis discovery learning sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Untuk uji coba keefektifan dilakukan pada kelompok besar pada siswa kelas IV SD Negeri Sukamaju yang berjumlah 14 orang dilakukan uji coba pretest dan postest yang diperoleh hasil untuk pretest menunjukkan nilai rata-rata 37 sedangkan untuk uji coba postest menunjukkan hasil rata-rata 81 dengan nilai N-gain 0,69 kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba kelompok kecil serta guru kelas dan uji coba validasi serta keefektifan memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan. Bahan Ajar berbasis discovery learning pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar.
kata kunci: Bahan Ajar berbasis Discovery Learning, IPS, Pengembangan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
IIS JUNAYAH - Personal Name
|
Student ID |
5019167
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Ketua Penguji
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
IIS JUNAYAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |