SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 15 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mind mapping berbantu media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV A SD Negeri 15 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan metode ekspeprimen semu. Populasi adalah seluruh kelas IV.A dan IV.B SD Negeri 15 Lubuklinggau, sedangkan sampel adalah kelas IV.A yang berjumlah 25 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu perposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes (soal pilihan ganda berjumlah 10), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi excel dengan langkah-langkah: uji normalitas dan Paired Samples Test. Hasil analisis data didapat untuk uji normalitas data pre-test yaitu 0,140 < 0,173 dan post-test yaitu 0,150 < 0,173 dengan kata lain kedua data berdistribusi normal. Untuk hasil Paired Samples Test nilai thitung > ttabel atau 8,605 > 1,711. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan tolak H0 yang berarti nilai rata-rata nilai tes akhir siswa kelas IV A SD Negeri 15 Lubuklinggau setelah diterapkannya metode mind mapping berbantu media ular tangga signifikan tuntas (µ ≥ 70). Dengan nilai rata-rata nilai saat pre-test 50, dan setelah post-test meningkat menjadi nilai rata-rata 78
Kata Kunci: Penerapan, Metode Mind Mapping, Media Ular Tangga, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FITRI - Personal Name
|
Student ID |
5017198
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Aren Frima, M. Pd - - Ketua Penguji
Dr. Hamdan, M.Pd. - - Penguji 1 Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
FITRI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |