PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 SIDOHARJO

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 SIDOHARJO

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo setelah diterapkan model pembelajaran NHT. Metode yang digunakan yaitu eksperimen semu, desain eksperimen One-Grub Pre-tes-Postet-test Desain. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo dengan sampel penelitian yang berjumlah 22 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf kepercayaan α = 5% dan dk = 21 menunjukkan besar Z_hitung = 3,00 dan Z_(tabel )= 1,64 (Z_(hitung ) ˃ Z_tabel). Nilai rata-rata tes akhir siswa sebesar 75,77 serta persentase siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (81,82%). Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo setelah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) signifikan tuntas.

Kata kunci : Hasil belajar, IPS, dan Model NHT


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
TIKA DEWI LESTARI - Personal Name
Student ID
5019063
Dosen Pembimbing
Eka Lokaria. M.Pd.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Aswarliansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
TIKA DEWI LESTARI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail