SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KONSTRUTIVISTIK UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Bahan ajar IPS berbasis konstruktivistik untuk siswa kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah 3 orang ahli validasi, 1 orang guru kelas V SD Negeri 1 Muara Beliti dan 25 orang siswa kelas V SD Negeri 1 Muara Beliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: 0,88 ahli bahasa, 0,89 ahli materi, dan 0,73 ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid. Sedangkan dari hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media pembelajaran diorama memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 87%. Pada uji kelompok besar diperoleh N-gain(g) sebesar 0,64 dengan klasifikasi sedang, yang artinya bahan ajar memiliki efektivitas yang sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar terbukti valid, praktis dan efektif pada pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengmbangan, Bahan Ajar, IPS, Konstruktivistik, Sekolah Dasar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ELIZA RANA PESI - Personal Name
|
Student ID |
5019205
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andri Valen, M. Pd. - - Ketua Penguji
Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 1 Armi Yuneti, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ELIZA RANA PESI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |