SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL COMPLEX INTRUCTION PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 54 LUBUKLINGGAU
XML JSONTujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar Pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 54 Lubuklinggau setelah penerapan Model Complec Intruction signifikan tuntas atau tidak. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu, desain penelitiannya Pretest-Posttest Group design. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan teknik tes. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: uji normalitas dan uji t. Berdasarkan analisis data, diketahui hasil tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata pre-test 57,6 dan nilai rata-rata tes akhir (post-test) sebesar 78,3. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir (post-test) lebih besar daripada tes awal (pre-test) dengan selisih nilai sebesar 20, 70. Setelah dihitung dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung = 3,18 yang dibandingkan dengan nilai t tabel dengan taraf signifikan 5% adalah 1, 70. Jadi nilai t hitung > t tabel atau 3,18 > 1, 70. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 54 Lubuklinggau setelah penerapan Model Complec Intruction signifikan tuntas, Tahun ajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Penerapan, Model Complec Intruction, Pembelajaran IPS.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DEWI SEPTIANI - Personal Name
|
Student ID |
5017100
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
DEWI SEPTIANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |