SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JAJARAN BARU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Jajaran Baru setelah diterapkan model CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini menggunakan Pre-test and Post-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi, teknik sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z pada taraf signifikan a =0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa Zhitung = 2,28 > Ztabel = 1,64, sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Jajaran Baru setelah penerapan model Contextual Teaching and Learning secara signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,81.
Kata kunci: IPS, Contextual Teaching and Learning, Model
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SELVITRI YULIANSI - Personal Name
|
Student ID |
5019191
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Tri Ariani, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SELVITRI YULIANSI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |