PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JAJARAN BARU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JAJARAN BARU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Jajaran Baru setelah diterapkan model CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini menggunakan Pre-test and Post-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi, teknik sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z pada taraf signifikan a =0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa Zhitung = 2,28 > Ztabel = 1,64, sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Jajaran Baru setelah penerapan model Contextual Teaching and Learning secara signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,81.

Kata kunci: IPS, Contextual Teaching and Learning, Model


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SELVITRI YULIANSI - Personal Name
Student ID
5019191
Dosen Pembimbing
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Agung Nugroho, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1
Tri Ariani, M.Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
SELVITRI YULIANSI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail