SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 24 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan model Make A Match pada siswa kelas V SD Negeri 24 Lubuklinggau. Metode penelitian ini yakni eksperimen semu dengan desain penelitian Pre-test and Post-test Group. Populasinya seluruh siswa kelas yang terdiri dari satu kelas dengan sampel sebanyak 24 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 17 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α =0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa setelah diterapkan model Make A Match pada kelas V SD Negeri 24 Lubuklinggau secara signifikan tuntas. Telah dibuktikan melalui uji t diperoleh thitung 6,95 dan ttabel 1,71, maka Ho ditolak Ha diterima. Dari uraian di atas maka dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dapat mengatasi kejenuhan dan mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dapat didukung dengan cara guru membuat siswa untuk lebih aktif agar situasi kelas atau kondisi kelas menjadi hidup sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa lebih dari KKM dapat dikatakan tuntas.
Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Make A Match
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YULIA PERMASARI - Personal Name
|
Student ID |
5019145
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Ani Fiani, S.S., M.Pd. - - Ketua Penguji
Aren Frima, M. Pd - - Penguji 1 Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
YULIA PERMASARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |