SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis problem based learning. Menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada pembelajaran IPS SD Negeri 4 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini siswa-siswi kelas V SD Negeri 4 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validitas lembar kerja siswa oleh ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa lembar kerja siswa memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,83. Sedangkan dari penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa lembar kerja siswa berbasis problem based learning memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 93,3%. Pada uji kelompok besar diperoleh N-gain (g) sebesar 0,71 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya lembar kerja siswa berbasis problem based learning memiliki efektifitas yang sedang. Berdasarkan hasil penulisan dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis problem based learning terbukti valid, praktis dan efektif, pada pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: IPS, Lembar Kerja Siswa, Model Problem Based Learning.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YUSHI HARARI - Personal Name
|
Student ID |
5019173
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andri Valen, M. Pd. - - Ketua Penguji
Yeni Asmara, M.Pd - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |