SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERHITUNG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 63 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media papan pintar berhitung pada pembelajaran matematika materi penjumlahan kelas III yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu wawancara, observasi dan angket. Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan media papan pintar berhitung adalah angket penilaian ahli bahasa, ahli media dan ahli materi, sedangkan untuk mengukur kepraktisan menggunakan angket kepraktisan guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh tiga ahli yaitu: ahli bahasa dengan rentang skor 0,91 kriteria tinggi, ahli media dengan rentang skor 0,81 kriteria tinggi, dan ahli materi dengan rentang skor 0,90 kriteria tinggi. Hasil analisis penilaian angket uji coba kepraktisan kelompok kecil dengan rata-rata skor 83,33% kriteria praktis, dan uji coba kepraktisan respon guru dengan rata-rata skor 92,85% kriteria praktis. Sedangkan analisis penilaian uji keefektifan kelompok besar dengan skor 0,95 klasifikasi Tinggi. Maka dapat disimpulkan media papan pintar berhitung pembelajaran matematika materi penjumlahan kelas III SD Negeri 63 Lubuklinggau dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
Kata Kunci: Penjumlahan, Papan Pintar, Matematika
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ELLAMAISARI - Personal Name
|
Student ID |
5018043
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Ketua Penguji
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Penguji 1 Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi | |
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ELLAMAISARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |