SKRIPSI S1 BAHASA INDONESIA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI HAL-HAL YANG DAPAT DITELADANI DARI TOKOH YANG TERDAPAT DALAM TEKS BIOGRAFI SECARA TERTULIS SISWA KELAS X SMA AL-IKHLAS LUBUKLINGGAU
XML JSONTujuan penelitian ini bertujuan untuk megetahui signifikansi penerapan model Mind Mapping terhadap peningkatan pembelajaran mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi secara tertulis siswa kelas X SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau yang berjunlah 57 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X.IA yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes esay sedangkan teknik non tes berbentuk wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil analisis data dengan menggunakan uji “t”. Berdasarkan pengujian hipotesis maka diketahui hipotesis dalam penelitian ini teruji kebenarannya. Data tersebut dapat dilihat dari hasil uji “t” dengan thitung = 10,09. Hasil dikonsultasikan dengan nilai tabel distribusi t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = n-1 = 28-1 = 27. Dengan demikian thitung (10,09) > ttabel (2,052). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi secara tertulis siswa kelas X SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau.
Kata kunci: Mind Mapping, Menulis, Mengungkapkan Kembali Hal-hal yang Dapat Diteladani dari Tokoh Teks Biografi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
EXSIL PEBRIYANTI - Personal Name
|
Student ID |
2019021
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
8821
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
EXSIL PEBRIYANTI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
410
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |