PERBEDAAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SALING

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 SEJARAH

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SALING

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Model Listening Team Dan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Saling. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen murni.Populasinya yaitu seluruh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Saling Tahun Ajaran 2021-2022. Pengambilan Sample penelitian dilakukan secara Random Sampling karena setiap kelas mempunyai kemampuan dan kesempatan yang relatif sama. Data Yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakana SPSS 16.0, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar sejarah dengan menggunakan Model Pembelajaran Listening Team dan Metode Ceramah pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Saling. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pre-tes pada kelas eksperimen 1 sebesar 53,68. Dan pada kelas eksperimen II sebesar 47,73 Sedangkan nilai rata-rata Post-test pada kelas eksperimen I setelah diberikan perlakuan post-test dengan menggunakan model Listening Team sebesar 78,84 dan pada kelas eksperimen II yang diberikan pembelajaran dengan Menggunakan metode Ceramah sebesar 70,00. Dengan demikian berarti nilai rata-rata kelas eksperimen I lebih besar pada kelas eksperimen II. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji beda (Paired sample T test) diperoleh nilai test akhir di Sig. (2-Tailed) = 0,00< 0,05 maka Ho di tolak Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Listening Team dan Metode Ceramah siswa kelas X SMA Negeri 1 Saling.

Kata kunci : Model Listening Team, metode Ceramah, dan hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOLANDA MAYANG SARI - Personal Name
Student ID
3016008
Dosen Pembimbing
Isbandiyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Agus Susilo, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Isbandiyah, M.Pd. - - Ketua Penguji
Yeni Asmara, M.Pd - - Penguji 1
Ira Miyarni Sustianingsih, M.Hum. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
YOLANDA MAYANG SARI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail