SKRIPSI S1 SEJARAH
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dala penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen murni. Desain penelitian ini adalah berbentuk Pre-Test dan Postest Control Group Desaign. Teknik pengumpulan data adalah yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 40. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 190 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan X IPS 2 dengan jumlah siswa 30 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Insert Outside Circle pada materi pelajaran Kerajaan Demak dan kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan metode konvensial. Dari hasil analisis data tes akhir diperoleh nilai Sig = 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi.
Kata Kunci : model Inside Outside Circle, dan hasil belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NINDY ZHAFIRAH - Personal Name
|
Student ID |
3018018
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Sarkowi, M.Hum. - - Ketua Penguji
Ira Miyarni Sustianingsih, M.Hum. - - Penguji 1 Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
NINDY ZHAFIRAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |