PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 25 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 25 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas V SD Negeri 25 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan desain true experimental design dengan rancangan peneltian Control Gruop Design. Populasi peneltian adalah siswa kelas V SD Negeri 25 Lubuklinggau pada semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas Va. Sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 25 orang siswa dan Vb sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 30 orang siswa. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA meliputi aspek kognitif yang diperoleh dari tes hasil belajar untuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 3,08 lebih besar dari ttabel (pada taraf signifikan 5%) = 2,00. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen 81,09 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol, yaitu 71,52. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problrm Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 25 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2021/2022.

Kata kunci : Hasil Belajar,Ilmu Pengetahuan Alam,Problem Based Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUHANA - Personal Name
Student ID
5018017
Dosen Pembimbing
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1
Tri Ariani, M. Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
YUHANA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail