SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 LUBUKLINGGAU
XML JSONTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 33 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental, desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu berupa soal essay yang berjumlah 8 soal. Populasi dan sampel penelitian berjumlah sebanyak 18 siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji-Z dengan taraf kepercayaan 5%,. Berdasarkan analisis data, diketahui hasil tes kemampuan awal (pretest) dengan rata-rata 51.75 dan tes kemampuan akhir(posttest) dengan rata-rata 71.81. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan akhir (posttest) lebih besar daripada tes awal. Setelah dihitung dengan menggunakan uji-Z diperoleh nilai zhitung = 1.64 yang dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk = K-1 (18-1) adalah 1,64. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan secara signifikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 33 Lubuklinggau dengan menerapkan model Time Token.
Kata Kunci :Hasil Belajar, IPA, Time Token
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YOLANDA YUNIAR PRAMESWARI - Personal Name
|
Student ID |
5017033
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Ketua Penguji
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
YOLANDA YUNIAR PRAMESWARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |