PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 33 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental, desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu berupa soal essay yang berjumlah 8 soal. Populasi dan sampel penelitian berjumlah sebanyak 18 siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji-Z dengan taraf kepercayaan 5%,. Berdasarkan analisis data, diketahui hasil tes kemampuan awal (pretest) dengan rata-rata 51.75 dan tes kemampuan akhir(posttest) dengan rata-rata 71.81. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan akhir (posttest) lebih besar daripada tes awal. Setelah dihitung dengan menggunakan uji-Z diperoleh nilai zhitung = 1.64 yang dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk = K-1 (18-1) adalah 1,64. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan secara signifikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 33 Lubuklinggau dengan menerapkan model Time Token.

Kata Kunci :Hasil Belajar, IPA, Time Token


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
5017033
Dosen Pembimbing
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail