SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 25 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media monopoli pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 25 Lubuklinggau yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu 4D (define, design, develop dan desseminate). Sampel penelitian atau subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A yang berjumlah 9 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kualitas media dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori cukup tinggi dengan validasi bahasa 0,667, validasi media 0,72 dan validasi materi 0,76; 2) Kualitas Media Monopoli IPA dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan praktis baik respon siswa secara perorangan dengan persentase skor 80 % sedangkan untuk persentase skor respon siswa kelompok kecil dengan nilai persentase skor 83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media monopoli pada pembelajaran IPA pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 materi organ pernapasan hewan dan manusia memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Monopoli, Pembelajaran IPA
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
WENITASARI - Personal Name
|
Student ID |
5017001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Aren Frima, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
WENITASARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |