SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI REJOSARI
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Pengembangan Modul IPA Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejosari sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan Modul IPA Berbasis Kontekstual yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan four-D. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa 0,75, ahli media 0,87 dan ahli materi 0,89 menunjukkan bahwa Modul IPA Berbasis Kontekstual pada materi Organ gerak hewan dan manusia memenuhi kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penelitian lembar kepraktisan guru diperoleh rata-rata 68,57 dan siswa yang terdiri dari 6 orang diperoleh rata-rata 68,09 bahwa Modul IPA Berbasis Kontekstual memenuhi kriteria praktis. Dan hasil penelitian efektifitas seluruh siswa kelas V diperoleh bahwa Modul IPA Berbasis Kontekstual memenuhi kriteria Sedang dengan nilai akhir 0,6, sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul IPA Berbasis Kontekstual memenuhi kriteria valid, parktis dan efektif dan bisa digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Modul IPA, Pengembangan, Sekolah Dasar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
WAHYU SHOLEH MUNANDAR - Personal Name
|
Student ID |
5018094
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Aren Frima, M. Pd - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
WAHYU SHOLEH MUNANDAR - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |