SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN LKPD KONTEKSTUAL BERBASIS QR- CODE PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 27 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar bentuk cetak berupa LKPD Kontekstual Berbasis QR-Code pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 27 Lubuklinggau dan untuk mengetahui kualitas LKPD yang dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yakni R&D (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kevalidan LKPD yang dikembangkan termasuk dalam klasifikasi sangat valid pada komponen kelayakan bahasa dengan rata-rata skor sebesar 0,83, pada komponen kelayakan isi termasuk dalam klasifikasi valid dengan rata-rata skor sebesar 0,73, serta pada komponen kelayakan penyajian termasuk dalam klasifikasi valid dengan rata-rata skor 0,77. (2) kualitas LKPD dilihat dari aspek kepraktisan termasuk dalam klasifikasi praktis dengan rata-rata skor sebesar 76% ditentukan berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap LKPD. Hasil analisis efektifitas menunjukkan bahwa setelah melakukan posttest diperoleh ketuntasan hasil belajar 75% dengan kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD Kontekstual Berbasis QR Code pada Pembelajaran IPS memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran
Kata Kunci: IPS, Kontekstual, LKPD, Pengembangan, Sekolah Dasar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
VARALINA FEBRITA SARI - Personal Name
|
Student ID |
5018132
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Ketua Penguji
Eka Lokaria. M.Pd.Si. - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
VARALINA FEBRITA SARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |