SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI MULYA JAYA
XML JSONSkripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Mulya Jaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Mulya Jaya Setelah menerapkan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen Pretest dan Posttest. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 16 siswa.Data instrumen diambil dengan teknik tes. Instrumen yang digunakan berbentuk essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data analisis menggunakan uji-Z dengan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh bahwa Z hitung > Ztabel (13,25>1,64), sehingga dapat disimpulkan signifikan tuntas bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Mulya Jaya dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw
Kata Kunci : Penerapan Jigsaw, IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
TUTUR FATMAWATI - Personal Name
|
Student ID |
5017176
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Dodik Mulyono, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
R. Angga Bagus Kusnanto, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Ketua Penguji
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
TUTUR FATMAWATI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |