PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI MULYA JAYA

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI MULYA JAYA

XML JSON

Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Mulya Jaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Mulya Jaya Setelah menerapkan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen Pretest dan Posttest. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 16 siswa.Data instrumen diambil dengan teknik tes. Instrumen yang digunakan berbentuk essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data analisis menggunakan uji-Z dengan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh bahwa Z hitung > Ztabel (13,25>1,64), sehingga dapat disimpulkan signifikan tuntas bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Mulya Jaya dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw

Kata Kunci : Penerapan Jigsaw, IPS


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
TUTUR FATMAWATI - Personal Name
Student ID
5017176
Dosen Pembimbing
Dr. Dodik Mulyono, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
R. Angga Bagus Kusnanto, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
TUTUR FATMAWATI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail