SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTUAN QR-CODE KELAS V SDIT AN-NIDA’ LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangkan modul pembelajaran tematik berbantuan qr-code sebagai bahan ajar pembelajaran pada tema 1 subtema 1 kelas V SDIT AN-NIDA’ Lubuklinggau serta untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas V SDIT AN-NIDA’ Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik berbantuan qr-code memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,83. Sedangkan dari hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa modul pembelajaran tematik berbantuan qr-code memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 95%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain(g) sebesar 0,71 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya modul pembelajaran tematik berbantuan qr-code memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik berbantuan qr-code terbukti valid, praktis dan efektif pada pembelajaran tema 1 subtema 1 kelas V Sekolah Dasar
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Tematik, QR-Code
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
TIARA SUKMA AZZAHRA - Personal Name
|
Student ID |
5018155
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Dodik Mulyono, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
R. Angga Bagus Kusnanto, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Ketua Penguji
Eka Lokaria. M.Pd.Si. - - Penguji 1 Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
TIARA SUKMA AZZAHRA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |